Hydraulic Cylinder: seputar Rem Toyota Kijang, Kampas Rem?
Hydraulic Cylinder Toyota Kijang
Tulisan
ini berdasarkan pengalaman pribadi orang yang sangat awam dalam bidang mesin
kenderaan apapun, termasuk kendaraan Toyota kijang. Tulisan ini juga bukan
pengalaman seorang yang memiliki kendaraan Toyota kijang, tetapi ditulis oleh
seorang yang pernah meminjam Toyota kijang LSX 1999.
Menurut
pendapat tiga orang kawan, pedal rem Toyota kijang yang saya pinjam (tidak
perlu saya beberkan saya pinjam kepada siapa) sudah terlalu dalam. Memang masih
pakem, tetapi bila diinjak, pedal itu terlu dalam. Sebagai orang awam, saya
menduga kampas remnya sudah tipis, sehingga perlu diganti. Awal mulanya saya
tanya kiri-kanan berapa harga kapas rem Toyota kijang. Saya juga mencoba browsing untuk mencari informasi berapa
harga kampas rem mobil kijang.
Saya
memang harus berpikir tujuh kali untuk mengecekkan kondisi rem kendaraan
pinjaman tersebut. Kalau milik pribadi sih tidak perlu terlalu njelimet, tetapi
yah barang pinjaman….. kalau saya perbaiki (di bengkel tentunya), ternyata
pemilik kendaraan itu meminta kembali padahal saya belum menikmati kondidi rem
baru itu, bisa berabe (kata orang Betawi).
Setelah
sekian lama berpikir (dan saya akan menggunakan kendaraan itu) akhirnya saya
memutuskan untuk membawa kendaraan itu ke bengkel dekat rumah. Pertama di
bengkel langsung ditanya oleh pegawai administrasi yang kebelulan lagi keliling
bengkel yang cukup luas. Saya sampaikan minta tolong untuk mengecek kondisi rem
kendaraan yang saya bawa.
Pertama
sang montir menghidupkan mesin mobil tersebut dan memundurkannya. Kemudian
mengencangkan sekerup tali rem (?) belakang sebelah kiri dan kanan. Setelah itu
setelan skrup di roda depan, kiri dan kanan. Montir itu minta kawan montir yang
lain mengetes pedal rem, sementara ia memberisi skrup rem (?) di roda kiri dan
kanan. Simpulannya, bukan masalah kampas rem yang harus diganti atau distel
skrupnya. Hydraulic Cylinder yang
bermasalah. Hydraulic Cylinder itu
alat tempat menyimpan minyak pelumas rem (ini definisi orang awam dalam masalah
mesin mobil). Untuk jelasnya saya sertakan gambarnya di sini, termasuk gambar
box-nya.
Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari samping-1) |
Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari depan) |
Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari samping-2) |
Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari atas) |
Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari samping) |
Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari atas) |
Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari atas) |
Kotak kemasan |
Minyak pelumas Hydraulic cylinder) |
posisi hydraulic cylinder di mesin toyota kijang |
posisi hydraulic cylinder di mesin toyota kijang |
Sang
montir bilang harganya sekitar 400 ribu rupiah. Akhirnya saya menyetujui untuk
menggantinya. Setelah dibawa dan diperlihatkan barangnya kepada saya, sang montir
bilang harga pasnya 425ribu rupiah (tanggal 4 Juli 2014, hari Jumat). Yang
original alias asli harganya 1.250.000 (satu juta dua ratus lima puluh ribu
rupiah). Tidak ada lima menit selesai
sudah proses pemasangannya. Total biayanya 525.000 rupiah, dengan rincian harga
Hydraulic Cylinder rp425.000, minyak
pelumas rp60.000, dan ongkos montir
rp40.000.
Simpulan
Masalah
rem mobil (toyota kijang, dan jenis.merek yang lain juga (?)), bukan
semata-mata masalah kampas remnya, tetapi ternyata dipengaruhi oleh kualitas Hydraulic Cylinder-nya.
HYDRAULIC CYLINDER
REM TOYOTA KIJANG
Komentar