Hydraulic Cylinder: seputar Rem Toyota Kijang, Kampas Rem?


Hydraulic Cylinder Toyota Kijang

      Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi orang yang sangat awam dalam bidang mesin kenderaan apapun, termasuk kendaraan Toyota kijang. Tulisan ini juga bukan pengalaman seorang yang memiliki kendaraan Toyota kijang, tetapi ditulis oleh seorang yang pernah meminjam Toyota kijang LSX 1999.
Menurut pendapat tiga orang kawan, pedal rem Toyota kijang yang saya pinjam (tidak perlu saya beberkan saya pinjam kepada siapa) sudah terlalu dalam. Memang masih pakem, tetapi bila diinjak, pedal itu terlu dalam. Sebagai orang awam, saya menduga kampas remnya sudah tipis, sehingga perlu diganti. Awal mulanya saya tanya kiri-kanan berapa harga kapas rem Toyota kijang. Saya juga mencoba browsing untuk mencari informasi berapa harga kampas rem mobil kijang.
Saya memang harus berpikir tujuh kali untuk mengecekkan kondisi rem kendaraan pinjaman tersebut. Kalau milik pribadi sih tidak perlu terlalu njelimet, tetapi yah barang pinjaman….. kalau saya perbaiki (di bengkel tentunya), ternyata pemilik kendaraan itu meminta kembali padahal saya belum menikmati kondidi rem baru itu, bisa berabe (kata orang Betawi).
Setelah sekian lama berpikir (dan saya akan menggunakan kendaraan itu) akhirnya saya memutuskan untuk membawa kendaraan itu ke bengkel dekat rumah. Pertama di bengkel langsung ditanya oleh pegawai administrasi yang kebelulan lagi keliling bengkel yang cukup luas. Saya sampaikan minta tolong untuk mengecek kondisi rem kendaraan yang saya bawa.
Pertama sang montir menghidupkan mesin mobil tersebut dan memundurkannya. Kemudian mengencangkan sekerup tali rem (?) belakang sebelah kiri dan kanan. Setelah itu setelan skrup di roda depan, kiri dan kanan. Montir itu minta kawan montir yang lain mengetes pedal rem, sementara ia memberisi skrup rem (?) di roda kiri dan kanan. Simpulannya, bukan masalah kampas rem yang harus diganti atau distel skrupnya. Hydraulic Cylinder yang bermasalah. Hydraulic Cylinder itu alat tempat menyimpan minyak pelumas rem (ini definisi orang awam dalam masalah mesin mobil). Untuk jelasnya saya sertakan gambarnya di sini, termasuk gambar box-nya.
http://rbuanasari.blogspot.com
Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari samping-1)

http://rbuanasari.blogspot.com
Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari depan)

Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari samping-2)
Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari atas)
http://rbuanasari.blogspot.com
Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari samping)

Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari atas)

Hydraulic cylinder toyota kijang ssx 1999 (dari atas)


Kotak kemasan 
Minyak pelumas Hydraulic cylinder)
posisi hydraulic cylinder di mesin toyota kijang

posisi hydraulic cylinder di mesin toyota kijang 


Sang montir bilang harganya sekitar 400 ribu rupiah. Akhirnya saya menyetujui untuk menggantinya. Setelah dibawa dan diperlihatkan barangnya kepada saya, sang montir bilang harga pasnya 425ribu rupiah (tanggal 4 Juli 2014, hari Jumat). Yang original alias asli harganya 1.250.000 (satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah).  Tidak ada lima menit selesai sudah proses pemasangannya. Total biayanya 525.000 rupiah, dengan rincian harga Hydraulic Cylinder rp425.000, minyak pelumas  rp60.000, dan ongkos montir rp40.000.


Simpulan
Masalah rem mobil (toyota kijang, dan jenis.merek yang lain juga (?)), bukan semata-mata masalah kampas remnya, tetapi ternyata dipengaruhi oleh kualitas Hydraulic Cylinder-nya.

HYDRAULIC CYLINDER
REM TOYOTA KIJANG

Komentar

mawa mengatakan…
hari ini seorang anak manusia Indonesia dengan anak manusia indonesia yang lainnya memiliki paradigma yang sama. meskipun fenomena bangsa indoensia sebagai bangsa hierarkis atau bangsa yang sangat memuja perjenjangan, tetapi seringkali perjenjangan itu tidak muncul dalam berbagai segi........
buana mengatakan…
pengalam adl guru terbaik

Postingan populer dari blog ini

Nelung Dina

HYPNOWRITING AND Croc Brain

Seminar Nasional Riset Linguistik dan Pengajaran Bahasa (SENARILIP-5), 1-2 OKT 2021