cara bersyukur: seputar bersyukur atas nikmat


CARA BERSYUKUR 


EMPAT CARA BERSYUKUR

   Bersyukur adalah menyampaikan rasa terima kasih atas nikmat Allah yang dianugerahkan kepada kita. Nikmat Allah untuk manusia sangat banyak, tak terhitung.
bersyukurlah – bukan berkeluh kesah,
positif-lah – bukan negatif.

Gunakan kata, frasa, kalimat positif untuk menggambarkan kondisi dan situasi Anda.
Selalu gunakan kata yang memiliki nuansa positif (hindari kata yang bernada negatif).
Bagaimanapun “tragis” peristiwa yang anda alami, selalu menyikapinya dengan nada positif.

Penjara bagi seorang Yusuf AS adalah sekolah suci. Nabi Yusuf as lulus dengan ‘cumlaude’ dari sekolah suci yang namanya penjara. Kita tahu bahwa Nabi Yusuf as bukan seorang yang bersalah, tetapi orang yang dipersalahkan sehingga penguasa mengirimkannya ke penjara. Seorang Hamka berhasil lulus dari sekolah penjara dengan ‘disertasi’ yang berjudul “Tafsir Al Azhar”. Seorang Sukarno berhasil mengakhiri kuliahnya di penjara dengan beberapa ‘disertasi’. Begitu pula dengan seorang anak manusia yang bernama Muhammad Hatta. Beliau menghasilkan karyanya di balik jeruji penjara. Penjara ternyata telah diubah menjadi perguruan suci bagi manusia-manusia ini. Subhanallah…..
Mereka adalah contoh manusia hebat yang berhasil mengubah dari status teraniaya menjadi manusia mulia akhirnya.

Telah menceritakan kepada kami Shadaqah bin Al Fadl, telah mengabarkan kepada kami Ibnu Uyainah, telah menceritakan kepada kami Ziyad yaitu Ibnu 'Ilaaqah bahwa dia mendengar Al Mughirah berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berdiri shalat hingga kedua telapak kakinya bengkak-bengkak. Maka dikatakan kepada beliau; 'Bukankah Allah telah mengampuni anda terhadap dosa-dosa anda yang lalu maupun yang akan datang? Beliau menjawab: "Tidak bolehkah saya menjadi hamba yang bersyukur." (HR Bukhari 4459)

Berikut ini adalah 4 cara bersyukur.

1) SHALAT
Hadits di atas menjelaskan kepada kita bagaimana cara Nabi mensyukuri nikmat Allah swt yang telah dianugerahkan kepada beliau, yaitu dengan cara menjalankan SHALAT. SHALAT lima waktu! Kalau dapat tambah dengan shalat sunat.

2) SHALAT dan BERKURBAN
QS Surat Al Kautsar membimbing kita untuk bersyukur dengan mensyukuri nikmat Allah yang sangat melimpah dengan cara SHALAT dan BERKURBAN.

3) BERTASBIH dan BERISTIGHFAR
bertasbih dan beristighfar adalah cara ketiga yang dapat kita lakukan. Bertasbih dalam rangka mengangungkan Allah adalah cara ketiga yang dapat kita lakukan.

4) BEKERJA
Nabi Daus as diperintahkan Allah untuk mensyukuri nikmat Allah dengan cara “BEKERJA”. “Bekerjalah wahai keluarga Daud sebagai tanda syukur!” (QS. Saba [34]: 13).
Pernahkan kita mendengar dalam kajian kita bahwa bekerja adalah bentuk dan cara mensyukuri dan bersyukur atas nikmat Allah? Bekerja, sesuai ayat di atas adalah salah satu cara bersyukur kepada Allah atas nikmatnya. Nikmat hidup, nikmat sehat. Kehidupan ini dimanfaatkan untuk bekerja mencari fadhilah Allah. Tubuh sehat harus kita sykurui dengan jalan kita bekerja. Bekerja adalah salah satu cara mensyukuri segala karunia Allah.

Dengan demikian CARA BERSYUKUR ala Nabi SWT sesuai bimbingan Allah swt adalah sbb.

1)   Shalat (HR BUKHORI 4459)
2)   Shalat & Berkurban (QS Al Kautsar 1-3)
3)   Bertasbih & Beristighfar (QS An Nasr 1—4)
4) Bekerja (QS. Saba [34]: 13).


EMPAT CARA BERSYUKUR

Komentar

buanasa mengatakan…
oh ane baru tahu kalau bekerja adl salah satu cara mensyukuri nikmat Allah.
Anonim mengatakan…
shalat, bertasbih & istighfar, kerja
buana mengatakan…
kerja, shalat, bertasbih & istighfar
Anonim mengatakan…
3 cara bersyukur:

1) Shalat
2) Bertasbih & Istighfar
3) Bekerja

Postingan populer dari blog ini

Nelung Dina

HYPNOWRITING AND Croc Brain

Seminar Nasional Riset Linguistik dan Pengajaran Bahasa (SENARILIP-5), 1-2 OKT 2021